Membeli Dan Mencetak Perangko Dengan E-Stamp
Info Infokomputer Edisi 15 Oktober - 15 November 1997

Tidak lama lagi, Anda bisa membeli dan membuat perangko melalui Internet. Pasalnya E-Stamp Corporation telah membuat suatu sistem yang memungkinkan pemakai Internet membeli dan mencetak perangko AS (U.S. Postal Service) ke atas amplop. Gagasan E-Stamp sempat menarik perhatian Microsoft dan AT&T. Pertengahan September lalu, Microsoft dan At&T mengumumkan bahwa mereka telah mengambil bagian dalam E-Stamp sebesar 10 persen serta menduduki tempat dalam dewan direksi.

"Satu hal yang kami coba lakukan sekarang adalah membangun infrastruktur industri dengan membentuk strategi kemitraan dengan perusahaan software, hardware dan Internet. Kemitraan kami dengan Microsoft dan At&T merupakan langkah pertama dari proses ini," kata Nicole Ward, wakil presiden pemasaran E-Stamp. Menurut para analis, kemampuan Microsoft dan At&T untuk memasukkan teknologi E-Stamp ke dalam jajaran produk mereka, akan menarik perhatian banyak orang.

"Microsoft tentu saja bisa memasukkan teknologi ini ke dalam Office. Anda tinggal mengklik tombol di Word dan ketika mencetak amplop, Anda mendapatkan perangko di atasnya," kata Vernon Keenan, analis senior untuk Zona Research di Redwood City, California.

"Skenario ini bisa dipikirkan, dan tidak akan kami abaikan," kata Greg Stanger, direktur pengembangan dan investasi bisnis untuk Microsoft. "Apakah tim Office akan mengambil dan menggabungkannya ke dalam aplikasi apapun yang sedang mereka kerjakan, bukan merupakan hal yang tidak mungkin."

E-Stamp sedang menyiapkan pengujian beta untuk sistem ini di San Francisco dan Washington sampai akhir tahun ini. Setelah perangko dibeli dari U.S. Postal Service melalui Internet, nilai perangko akan disimpan dalam "rongga elektronik" yang disertakan pada PC dan printer.

Pihak pos akan memonitor jumlah perangko seperti yang mereka lakukan dengan mesin perangko yang sekarang, tapi perangko Internet merupakan inovasi baru, demikian menurut Roy Gordon, manajer program pengembangan proses dan produk untuk manajemen teknologi meter untuk U.S. Postal Service.

"Ini merupakan inovasi baru yang pertama dalam dunia perangko, sejak diperkenalkan oleh layanan pos selama 77 tahun," kata Gordon. Dan E-Stamp memperkirakan bahwa sistem yang lengkap akan dihargai kurang dari US$300 per tahun.