Nusantara

Suara Merdeka, Kamis, 10 Juli 1997

Pemerintah Terbitkan Prangko Seri FKN II

BANDUNG - Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi bekerjasama dengan PT Pos Indonesia menerbitkan dua juta keping prangko istimewa seri "Festival Keraton Nusantara II'' dan seri "MTQ Ke-18''.

Untuk seri Festival Keraton Nusantara II, menurut Manajer Humaspos, Hakim Roesamsi di Bandung, Selasa, diterbitkan pada 1 Juli 1997 bertepatan dengan pembukaan festival di Cirebon, sedangkan seri MTQ Ke-18 diterbitkan pada 9 Juli 1997.

Penerbitan kedua prangko istimewa itu, katanya, merupakan penghargaan atas dua peristiwa berskala nasional yang bernuansa budaya dan keagamaan sekaligus merupakan catatan sejarah.

Festival Keraton yang digelar di Cirebon pada 1-7 Juli 1997, merupakan peristiwa budaya yang mencerminkan keragaman budaya bangsa sebagaimana terpatri dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Sementara dimensi keagamaan sebagai ciri khas mental bangsa Indonesia yang relegius sebagaimana terkristal dalam Musabaqah Tillawatil Quran (MTQ) Nasional, menurut Hakim, juga suatu peristiwa yang layak untuk diabadikan dalam bentuk prangko.

Prangko seri FKN II dicetak sebanyak satu juta keping dalam dua kopur, yaitu Rp 300 dengan disain Kereta Paksi Naga Liman dari Keraton Kanoman, sedangkan kopur Rp 700 berlukiskan Kereta Singa Barong dari Keraton Kasepuhan.

Prangko seri MTQ Ke-18 juga dicetak sebanyak satu juta keping dalam dua kopur, yaitu Rp300 dan Rp700.

Bersamaan dengan itu, juga diterbitkan Sampul Hari Pertama (SHP) FKN dan MTQ dengan harga Rp 1.800 dan Kartu Maksimum Rp 2.000. (ant-15)